Home » » Cara Mengatasi Kelelahan

Cara Mengatasi Kelelahan

Written By Sobatstw on Senin, 20 Januari 2014 | 19.32

Cara Mengatasi Kelelahan - Tips kesehatan

Cara Mengatasi Kelelahan

Nafsu Makan - Kelelahan ada dua macam, yaitu kelelahan fisik dan mental. Kelelahan disebabkan oleh keadaan monoton, kurang tidur, lingkungan kerja yang kurang kondusif, penerangan dan bising yang tidak sesuai, keadaan kejiwaan (tanggung jawab, kekhawatiran/konflik diri dan keluarga), kurang gizi, anemia. Pada kasus penyakit gula, penyakit jantung, kanker, dan influenza, biasanya akan timbul gejala kelelahan juga.
 
Apa yang harus kita lakukan bila sering mengalami kelelahan?

1. Perbanyak istirahat, menata ulang pikiran, rekreasi, menyalurkan hobi positif. Minum segelas teh hangat/secangkir kopi cukup ampuh mengusir kelelahan mental.

2. Rutin berolahraga ringan setiap pagi. Melakukan peregangan/relaksasi juga dapat memperbaiki sistem sirkulasi dan metabolisme tubuh.

3. Sarapan pagi untuk memenuhi kebutuhan kalori untuk otot dan otak.

4. Biasakan tidur teratur dan cukup. Gunakan waktu istirahat untuk bersantai.

5. Perbanyak minum air putih. Sistem sirkualsi dan metabolisme di tubuh akan lebih baik bila kita cukup mengkonsumsi cairan. Zat buangan sisa metabolisme, hormon negatif, bakteri dan racun akan lebih cepat dibuang melalui keringat dan urin.

6. Nikmati humor dan tertawa. Bisa dengan membaca buku tentang humor atau berkelakar bersama teman sekerja. Akan lebih mudah menghadapi pekerjaan dengan senyum ketimbang dengan gerutu.

7. Rekreasi bersama teman atau keluarga.

8. Kelelahan ternyata dapat dikurangi juga dengan massage refleksi atau sauna. Terapi ini efeknya adalah melancarkan sistem sirkulasi dan metabolisme tubuh.

Bila sering mengalami kelelahan yang disertai keluhan lain, seperti pusing, jantung berdebar, dan badan gemeteran, segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapatkan terapi sementara waktu dan bila perlu akan diberi pengobatan yang sesuai dengan keluhan yang mendesak. Semoga cara mengatasi kelelahan ini bermanfaat untuk sahabat sekalian, lihat juga postingan sebelumnya yaitu tentang kesehatan propolis.
Share this article :

1 komentar:

arliva kosmetik. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Cream Sari Kosmetik | Twin Tulipware | Natural Crystal X | Kelambu Nyamuk
Copyright © 2013. Penambah Nafsu Makan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger